Friday, December 13, 2019

Karya Anak Kelas Menulis (Oleh: Maya)


Berlibur di Rumah Kakek
(Oleh: Maya Mustika Handayani, Kelas 4, SDN 6 Wonogiri)

Libur telah tiba, aku pergi ke rumah kakek. Saat di sana aku melihat ada aliran air yang mengalir dengan jernih, ada pegunusngan yang sangat tinggi, ada hewan burung yang terbang, ada ayam yang berkokok. Aku di sana menikmati udara yang segar, aku bersama kakekku diajak ke sawah untuk memetik daun teh.
Aku bertanya kepada kakek, “kenapa daun teh tumbuh di pegunungan?”
Kakek menjawab, “karena daun teh tidak bisa tumbuh di dataran rendah.”
Di sana aku bisa mengetahui pertumbuhan daun teh, aku bisa mempelajari bagaimana pertumbuhan daun teh. Rumah kakekku terletak di Jl. Mekar Jembar di desa Cantik Jelita. Rumah kakekku di daerah pegunungan jadi kakekku menanam daun teh. Aku di sana mempunyai teman baru yang bernama Ricis, Nadia, dan Naila. Aku berkenalan kepada mereka.
“Hallo, perkenalkan namaku Sohwa, rumahku di Jakarta Selatan, Jl. Cimangtupang. Aku kelas 4 SD N 05 Rambutan. Nama kalian siapa dan kalian sekolah di mana?”
“Hallo, perkenalkan nama aku Ricis, rumahku di daerah sini, aku kelas 4 dan sekolah di SD N 01 Mekar Jembar,” kata Ricis memperkenalkan diri.
“Hai,perkenalkan namaku Nadia, rumahku di Jakarta Barat Jl. Gembok Cinta, aku di sini berlibur di rumah kakekku. Aku kelas 5 dan sekolah di SD N 02 Semangka,” kata Nadia memperkenalkan dirinya.
“Hallo, perkenalkan namaku Naila,rumahku di Bogor Jl. Jasmine, aku di sini berlibur di rumah nenekku.aku kelas 4 dan sekolah di SD N 06 mangis,” kata Naika memperkenalkan dirinya.
Setiap mereka bertemu mereka akan bermain bersama dan bersenang senang bersama.
                                                --000—
Keesokkan harinya libur pun usai aku pulang bersama keluargaku, sebelum pulang aku berpamitan kepada kakek dan nenekku aku berbicara kepada kakekku “ kek, aku senang berlibur di sini jika libur aku ingin di sini, di sini aku bisa mengetahui bagaimana cara tumbuhnya daun teh,”
Setelah itu aku pulang bersama keluargaku, pada pukul 06.00 WIB saat adzan maghrib berkumandang. Aku melaksanakan kewajibanku sebagai umat islam, yaitu salat maghrib. Setelah salat maghrib aku melihat ada minimarket aku segera membeli cemilan untuk di rumah dan di dalam mobil. Aku mengemil di dalam mobil sampai satu bungkus cemilanku habis. Dan saat cemilanku habis aku melihat ada sebuah pasar malam, aku meminta ayahku untuk pergi ke sana.
“Ayah aku boleh ke sana tidak?” kataku meminta izin kepada ayah
“Boleh nak,tapi jangan sampai pukul 22.00 WIB,” kata ayah mengizinkan
                                        --000—
Saat aku masuk kedalam wahana pasar malam aku melihat ada banyak permainan yaitu :
1.kora – kora
2.roar coaster
3.ombak air, dll
Aku menaiki wahana kora-kora aku naik dengan ibuku, saat aku naik aku sempat takut karena terlalu kencang, untung ada ibu di sampingku yang selalu menemaniku saat aku ketakutan. Waktu sudah menjelang malam aku segera pulang menaiki mobil. Sesampainya di rumah aku tidur dengan nyenyak, sebelum tidur aku kekamar mandi untuk memakai baju tidur dan membersihkan badan aku kembali ke kamar untuk tidur.
Bersambung......


No comments:

Post a Comment