Wednesday, May 30, 2018

Diam-Diam Aku Juga Menyimpan Jenuh



Usiaku akan genap 24 tahun di tahun ini, usia yang cukup terlambat jika belum menuntaskan pendidikan S 1. Orang-orang menilaiku begitu bersemangat, meski sudah hampir 6 tahun utuh kuliah, 2 tahun di jurusan yang salah, 4 tahun di jurusan yang aku minati. 6 tahun, bocah sekolah saja sudah lulus SD semestinya. Tapi, kadang kala bukan masalah ingin mendapat gelar atau hak-hal heroik apapun itu. Sesepela, sesak tiap kali bertukar cerita kepada teman-teman sebaya atau bahkan adik kelas semasa SMP atau SMA. Beberapa sudah sibuk mengurus tesis untuk gelar masternya, beberapa sedang semangat keliling dunia untuk menuntaskan pekerjaannya, beberapa nampak sibuk sekali mengurus beasiswa ke luar negeri, beberapa juga sedang beradaptasi karena baru masuk CPNS. Aku tentu gembira mendengar kabar baik itu, ikut bangga pernah menjadi bagian hidupnya meski tak pernah berkontribusi apapun untuk jalannya menuju kesuksesan. Namun, naluriku sebagai manusia utuh yang punya hati, diam-diam aku menyimpan kejenuhan. Aku merasa hidupku begini-begini saja, jalan di tempat tanpa punya arah yang jelas. Jenuh, ya kalau boleh mngeluh jenuh, bosan, aku akan selalu berteriak-teriak jenuh dan bosan setiap hari, keras, kencang, sampai hatiku sedikit bisa lega.

Tapi aku tahu, meneriakkan kejenuhan dan kebosanan bukanlah pilihan yang baik untuk menentramkan hati, tidak pula akan memberi solusi. Tak ada guna. Meski sekarang aku sedikit pontang-panting melawan cekikan jenuh, bosan, malas , dan apapun itu sebutannya. Meski berulang kali aku merasa ingin luruh, berhenti saja, ini semua sudah cukup. Meski berulang kali aku terseok-seok menghentikan langkah di beberapa tepian kisah ini. Meski banyak hal membuatku jatuh, tersungkur, tapi aku (harus) kuat. Kejenuhan ini harus ku obati dengan semangat yang kupaksakan setiap saat, paling tidak, biar aku tidak dipecundangi oleh diriku sendiri, oleh pikiran burukku sendiri, oleh apapun hal buruk yang lahir dari diriku sendiri.

Wonogiri, 30 Mei 2018

No comments:

Post a Comment